Bahaya Anemia dalam Kehamilan

shares

Bahaya Anemia dalam Kehamilan 

 

Jika Anda sering mengalami rasa lelah selama kehamilan, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala anemia. Anemia merupakan suatu keadaan dimana hemoglobin berada di bawah batas normal.
Anemia pada masa kehamilan akan lebih berbahaya karena bukan hanya mempengaruhi ibu namun si janin juga akan mendapatkan pengaruh buruk dari anemia. Semasa kehamilan darah ibu hamil akan mengalami pengenceran dikarenakan jumlah cairan dalam pembuluh darah yang lebih banyak. Hal tersebut akan menimbulkan anemia relatif. Yang artinya jumlah sel darah merah tetap namun jumlah cairan bertambah sehingga darah menjadi lebih encer. Hal ini akan bertambah parah apabila seseorang ibu hamil telah menggalami anemia sebelumnya. Jumlah sel darah merahnya akan jauh lebih sedikit dari yang seharusnya.
Sel darah merah yang kurang dari normal ini mengakibatkan jumlah oksigen yang dapat diangkut oleh sel darah merah menjadi berkurang. Hal ini dapat berakibat terjadinya pertumbuhan janin yg terhambat, kelahiran prematur dan meningkatkan resiko kelainan dan kematian ibu dan janin.
Untuk mencegah anemia beserta resikonya, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen besi. Suplemen ini dapat menyebabkan mual, oleh karena itu dianjurkan mulai mengkonsumsi suplemen beli pada bulan ke empat atau ke lima kehamilan. Biasanya pada bulan-bulan tersebut ibu hamil sudah tidak begitu mengalami mual seperti pada bulan-bulan awal kehamilan. Dianjurkan pula untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan dengan tenaga medis. 

sumber : buahhatisehat.blogspot.co.id

Syifa Fauziah Ap202

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar